Mami harus Tahu!!! Apa Saja Hal yang Harus Dipersiapkan Orang Tua Sebelum Anak Sekolah

Dear mami online ku

Aku mau sharing tentang kekhawatiranku memiliki 2 anak jarak dekat yang mana selisih umur anak pertama dengan anak kedua aku hanya terpaut 20 bulan. Mengingat makin kesini biaya hidup dan biaya sekolah makin mahal, makin menjadi-jadi, bikin ngeri, belum lagi ada cicilan mobil dan rumah yang harus di bayar setiap bulan, maka dari itu mulai saat ini juga aku dan suami memang harus benar-benar merencakan keuangan sebaik mungkin agar kelak kedua anakku mendapatkan pendidikan yang layak.


Tentu saja sebagai orang tua, aku ga mau anakku sekolah di sekolahan yang abal-abal, tapi yang patut di garis bawahi adalah, sekolah itu waktunya panjang, wajib belajar sampai SMA butuh 12 tahun, ditambah kuliah 4 tahun. Jangan sampai makan gengsi, kita ngoyo untuk bayar uang sekolah diatas dari kemampuan kita. 


Sebagai orang tua, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan sebelum anak bersekolah. Berikut adalah beberapa hal yang perlu dipersiapkan:


1. Mencari informasi

Orang tua harus mencari informasi tentang sekolah yang sesuai untuk anak mereka dan memastikan bahwa sekolah tersebut memenuhi standar kualitas pendidikan yang baik. Dapatkan info sedetail mungkin agar kedepannya tidak menyesal dalam memilih sekolah. Harus pintar cari informasi yaaa mamiii


2. Persiapan fisik

Orang tua harus mempersiapkan anak mereka secara fisik, termasuk memastikan bahwa anak mereka dalam keadaan sehat dan memiliki imunisasi yang diperlukan. Kalau memang jarak sekolah cukup jauh dari rumah, bisa dipertimbangkan menggunakan transportasi motor atau mobil untuk antar jemput anak. Pastikan juga asupan nutrisi dan vitamin anak tercukupi agar tidak mudah sakit saat sekolah


3. Persiapan mental

Orang tua harus membantu anak agar mempersiapkan diri secara mental untuk masuk ke lingkungan sekolah. Hal ini dapat dilakukan dengan membicarakan tentang sekolah, menjelaskan proses belajar, dan memberikan dukungan emosional.Ajari anak untuk bersosialisasi sedini mungkin agar nantinya di sekolah mudah berteman. 


4. Persiapan keuangan

Orang tua harus mempersiapkan keuangan untuk biaya sekolah, seperti biaya pendaftaran, uang kuliah, seragam, dan perlengkapan sekolah. Orang tua juga harus menyesuaikan budget pendidikan sesuai dengan kemampuan. Perlu diketahui, ternyata sekolah bukan melulu bayar SPP, tapi juga ada les kursus, biaya entertaint bareng teman sekolah seperti field trip. Ada juga pengeluaran rutin tahunan misal beli seragam dan alat tulis.


5. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa sangat penting karena memberikan perlindungan finansial bagi keluarga dan orang-orang yang dcintai jika mami papi online meninggal dunia secara tiba-tiba. Dengan memiliki asuransi jiwa, mami papi online dapat memiliki ketenangan pikiran bahwa keluarga akan baik-baik saja secara finansial jika sesuatu terjadi pada mami papi online. 


Nah untuk Asuransi Jiwa, mami punya rekomendasi nih produk Asuransi Jiwa dari Prudential. Untuk lebih detailnya bisa langsung klik disini yaa.


0 Komentar